Jumat, 30 September 2022

DIKLAT 40 JP (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA)

 

REFLEKSI

  • Apa yang didapat dalam 40Jp? banyak ilmu  yang didapat dalam diklat 40JP (5 hari)
    1. mengenal kurikulum merdeka
    2. mendalami dimensi dan tema Profil pelajar pancasila
    3. mem-breakdown CP ke ATP dan tujuan pembelajaran
    4. perencanaan sampai tahap aksi dalam projek penguatan profil pelajar pancasila
    5. bagaimana membuat bahan ajar, ppt, video yang menarik untuk siswa
    6. membuat/memodifikasi modul ajar
    7. syarat minimal struktur dari modul ajar
    8. mendalami komponen dari modul ajar seperti pertanyaan pemantik, pemahaman bermakna, asesmen.
  • Apa yang paling menarik? Jelaskan
Sebenarnya diklat yang saya ikuti kali ini hampir sama dengan diklat pada umumnya, penyampaian materi setelah itu tanya jawab. Namun ada beberapa part yang saya suka dari diklat ini yaitu pemateri mempersilahkan guru-guru untuk sharing praktik baik ataupun tanggapan ditengah-tengah materi yang disampaikan. Jadi kami tidak hanya melihat tulisan dan penjelasan saja, namun kami juga mengetahui kondisi real dari perwakilan guru. Selain itu, adanya fasilitas pertanyaan interaktif dari pemateri melalui menti meter. Hal itu sangat bagus menurut saya, beriteraksi kepada seluruh peserta, dan bisa dijadikan bahan diskusi.
  • Apa yang paling membosankan? Apa penyebabnya
Mungkin kalau disebut membosankan, menurut saya tidak. Materi yang disampaikan cukup jelas. Namun saya menyarankan materi yang disampaikan berfokus pada modul ajar sesuai dengan tema yang diambil, tidak begitu meluas kepembahasan lain. Dengan pembahasan materi lain, kami mendaptkan ilmu yang sangat banyak, namun tidak begitu mendalam. Lebih baik satu topik, mendalam sampai tuntas.
  • Langkah apa yang akan diambil weekend ini?
Dengan bekal diklat kali ini, pernyataan pemantik dan pemahaman bermakna ternyata memiliki pengaruh dalam pembelajaran, yaitu membuat anak tahu mengapa harus mempelajari materi ini. Selain itu, tetap dengan konsep yang telah saya lakukan, mematangkan materi prasyarat (jika masih banyak siswa yang tidak menguasai materi prasyarat) dan kemudian materi inti. Dan sat hal lagi yang perlu diingat selalu, buatlah pembelajaran yang menjadikan siswa menjadi subjek utama bukan menjadi objek. 
  • Rencana apa yang akan dijalankan untuk siswa/sekolah semester ini?
menjalankan kewajiban seorang guru yang baik dan memfasilitasi siswa untuk berkembang dan berkarakter. Memperbaiki administrasi sesuai ilmu-ilmu yang didapat. Selalu berinovasi dan terus belajar menjadi guru yang keren.
  • Jika Anda menilai diri sendiri. Nilai tertinggi 10 yaitu Anda merasa terinspirasi dan mendapatkan inti dari workshop yang ada. Sedangkakan angka 1 adalah Anda merasa tidak mengerti dan tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Berapa nilai Anda? jelaskan
Nilai 7, materi mudah dipahami dan sangat menginspirasi, namun alangkah baiknya fokus pada  satu hal, agar ilmu yang didapat tajam dan menyeluruh tidak terbagi=-bagi pada materi lain. 
Terimakasih ilmunya :)

4 komentar:

  1. Fokus pada satu hal membuat kita mudah untuk khusyuk dan sebaliknya. Semoga🙇‍♀️

    BalasHapus
  2. Semoga rencana kedepan dapat terealisasi dengan baik ya kak,

    BalasHapus
  3. Salfok sama ice breakingnya ga?

    BalasHapus
  4. Jujur ya pak, aku malah ngantuk sama diklatnyaa

    BalasHapus

YUK REFLEKSI,,,

 APAKAH KITA SUDAH MENJADI GURU YANG BAIK? APAKAH KITA SUDAH MENJALANI NILAI-NILAI KODE ETIK? APAKAH KITA SUDAH DISIPLIN, ADIL, PROFESIONAL ...