Jumat, 30 September 2022

Analisis soal

Setelah PTS berlangsung ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu seperti analisis soal.

Untuk analisis soal kali ini ada beberapa hal yang kita bedah:

1. Analisis tingkat kognitif

2. Analisis tingkat kesukaran soal.

Untuk analisis tingkat kognitif, kami menganalisis berdasarkan apa yang diinginkan soal dengan mempertimbangkan KKO dan juga menelaah maksud dari soal yang diberikan. Tingkat kognitif tersebut kami membagi dalam 6 tingkat, dari mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, evaluasi, dan juga mencipta

Analisis selanjutnya yaitu tingkat kesukaran soal. Untuk menganalisis kesukaran ada beberapa yang harus dilakukan yaitu menentukan banyak siswa yang menjawab betul kemudian menentukan banyak siswa.

TK = B/Js

Dimana TK = indeks kesukaran, B = banyak siswa menjawab benar, dan Js = jumlah keseluruhan siswa 

Untuk menentukan kategori mudah, sedang, sukar bisa melihat range dibawah ini:

TK< 0.3 (sukar)

0.3 ≤ TK ≤ 0.7 (sedang)

TK > 0.7 (mudah)

Berikut hasil dari analisis kelas xblue untuk matematika.

Berdasarkan analisis diatas dapat didapat bahwa no 1-5 merupakan soal mudah karena mayoritas siswa mampu mengerjakan dengan skor yang maksimal, bentuk soal 1-5  pilihan ganda, benar salah, dan menjodohkan dan tingkat kognitif dari soal tersebut yaitu C3 yang menerapkan pemahaman untuk menentukan dan menghitung.

Untuk 6-11 menunjukkan soal yang sedang banyak siswa yang bisa menjawab dan tetapi jawabannya belum mencapai skor maksimal, bentuk soal yaitu isian singkat dan juga soal kontekstual.

Untuk no 12 13 14 menunjukkan soal yang sulit, banyak siswa yang tidak menjawab dengan baik dan bahkan tidak dijawab. Alasan yang disampaikan siswa yaitu waktu yang kurang dan juga kurangnya latihan soal soal hots dalam bentuk soal kontekstual. Selain itu kesulitan soal yang membuat siswa tidak mendaptkan ide untuk mengerjakan. Menanggapi hal diatas, saya harus sbanya melatih siswa untuk tipe soal kontekstual tidak hanya untuk mendapatkan nilai bagus tetapi juga kebermanfaatan materi.





8 komentar:

  1. Ditunggu ilmunya tentang indikator penentuan kategori nggih. Matur nuwun🙇‍♀️

    BalasHapus
  2. Keep learning and keep sharing...

    BalasHapus
  3. Berarti sesuai ya Pak. Yang awal mudah, yang dibelakang sulit.

    BalasHapus
  4. Dulu saya juga gitu pas sekolah, mtk sama fisika pasti rasanya kurang waktu terus wkwk

    BalasHapus
  5. Kebanyakan siswa tidak dapat menjawab soal HOTS, ini yang menjadi tantangan kita,

    BalasHapus
  6. Setelah di analisis apakah soalnya akan digunakan lagi atau gimana Pak?

    BalasHapus
  7. Mari belajar bersama membuat soal yg hots banget

    BalasHapus
  8. Mereka ada sambat gak pak setelah pts selesai?

    BalasHapus

YUK REFLEKSI,,,

 APAKAH KITA SUDAH MENJADI GURU YANG BAIK? APAKAH KITA SUDAH MENJALANI NILAI-NILAI KODE ETIK? APAKAH KITA SUDAH DISIPLIN, ADIL, PROFESIONAL ...